Tips Interview Kerja

Written By berbagiinfokerja on Minggu, 26 Februari 2012 | Minggu, Februari 26, 2012


Jika anda akan menghadapi sebuah wawancara pekerjaan (interview). Anda akan mendapatkan berbagi pertanyaan yang akan dilontarkan. Pertanyaan tersebut akan mengetahui cara berfikir anda, kecerdasan anda, kepribadian anda, dan lain-lain. Makannya banyak pelamar yang ditolak karena hanya sebuah wawancara.
Untuk itu saya akan membahas tips interview kerja yang baik. Hal tersebut akan membantu mempermudah anda dalam proses menghadapi wawancara tersebut.

1. Kenali tempat
Pertama yang harus anda siapkan adalah kenali tempat wawancara anda. Hal ini akan membantu anda agar tidak gerogi saat wawancara atau anda akan rileks saat diwawancarai ditempat tersebut. Disarankan beberapa hari sebelum wawancara, anda sudah mengetahui tempatnya, bahkan sudah melihat tempatnya.

2. Persiapan
Anda harus matang-matang dalam persiapan menghadapi wawancara. Persiapkan hal-haal seperti berikut :
a. Persiapkan mental anda
b. Persiapkan sikap anda
c. Persiapkan penampilan anda supaya terlihat menarik
d. Persiapkan waktu agar tidak terlambat interview
e. Persiapkan kata-kata yang akan anda ucapkan

3. Kenali pertanyaan
Kenali pertanyaan yang akan ditanyakan kepada anda. Bisa saja anda akan mendapati pertanyaan jebakan, motivasi, minat, umum, dan lain-lain. Karena itu, untuk mengenal pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu anda dalam menjawab sebuah pertanyaan yang kiranya sulit. Hal tersebut akan mengantisipasi anda dalam kesalahan menjawab.

4. Pendirian yang kuat
Jangan takut-takut. Tegaskan pendirian anda, Seorang interviewer bisa mewawancarai puluhan pelamar kerja setiap harinya. Yang akan dia ingat adalah pelamar yang stand out dan bisa menyampaikan pendapat dan pendiriannya secara menarik. Maka sebaiknya anda meluangkan waktu terlebih dulu untuk menuliskan poin yang menjadi kekuatan dan keterampilan serta prestasi anda, supaya anda lebih siap ketika mempresentasikan diri anda di depan calon employer.

5. Bawa catatan kecil
Hal ini akan membantu anda mengingat beberapa hal penting yang terjadi saat interview. Tulislah jawaban dan pertanyaan yang terlontar saat interview. Jangan malu-malu dalam hal ini, karena membantu anda mengingat dan anda akan terlihat provesional.

6. Latihan sebelum presentasi
Jika anda diminta untuk mempresentasikan materi anda, jaga contentnya agar tetap sederhana namun tegas. Jangan terlalu cepat selesai atau terlalu panjang dalam memberikan jawaban. Meluangkan waktu untuk berlatih di depan cermin akan membantu timing anda ketika menjabarkan jawaban.

7. Siapkan pertanyaan
Dalam akhir interview anda akan diberikan kesempatan untuk bertanya. Gunakan kesempatan tersebut untuk mengetahui hal yang mungkin belum anda ketahui. seperti prospek kerja, program pelatihan terkait pekerjaan yang anda inginkan atau kesempatan berkarir, dan lain sebagainya. Tapi, jangan tiba-tiba menyerang dengan pertanyaan-pertanyaan.

8. Lakukan follow-up
Setelah interview selesai, ketika anda hendak meninggalkan ruangan interview, jangan lupakan eye contact dan senyum. Jika anda tertarik dengan pekerjaan tersebut, kirimkan surat dalam waktu 24 jam yang menyatakan minat anda tersebut. Dalam perjalanan pulang, sempatkan untuk menulis draft surat tersebut dengan memanfaatkan catatan dan memori anda selagi masih segar. Dengan mengirimkan follow-up letter secepat mungkin akan menunjukkan minat dan kesungguhan anda dan dapat memberikan nilai tambah sendiri di mata interviewer.

Sumber: Tipsku.info

1 komentar:

Obat Herbal Stroke mengatakan...

pertamak gan
makasih infonya
semoga sukses

Posting Komentar